Rumah Warga Tripa Terancam Abrasi

29
Rumah Warga Tripa Terancam Abrasi
Salah satu rumah warga Tripa terancam abrasi. (Foto: Itp-Dt)

Nagan RayaIntipnews: Sejumlah rumah warga di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, yang tidak jauh dari bantaran sungai terancam abrasi.

Hal ini dialami seorang warga Desa Drien Tujoh Tgk Bit (43) Kecamatan Tripa yang rumahnya terancam amblas ke sungai. Bahkan kian hari kondisinya semakin mengkhawatirkan, terutama ketika curah hujan tinggi. 

Tgk Bit kepada wartawan, Jumat 3 September mengatakan, sampai saat ini rumahnya sudah terlalu dekat dengan sungai. Bahkan dapur dan alat-alat lainnya terpaksa dipindahkan ke rumah keluarga. 

Diceritakannya, ketika turun hujan, kehawatiran muncul hingga tidak berani berada dalam rumah. Selain itu tidur juga harus mengungsi.

“Kami tidak berani tidur saat hujan dan angina, takut airnya meluap karena rumah kami sangat dekat dengan sungai dan bisa jadi amblas,” jelas Tgk Bit.

Dia berharap, ada kepedulian dari pemerintah setempat. Hal senada juga dikatakan Saifullah, pihak pemerintah instansi terkait agar segera menanggulangi bencana abrasi Sungai Tripa. 

“Kami berharap Pemerintah dapat secepatnya mencarikan solusi atau membangun tanggul darurat, mengingat rumah warga masyarakat nyaris amblas ke Sungai Tripa,” pinta Saiful. * Itp-Dt