Rusdi Sinuraya Penggagas LPPOM MUI, untuk Kepentingan Umat

0
103
Balon Wakil Walikota Medan Rusdi Sinuraya [kiri] didamping Prpf DR M Hatta disebelahnya foto bersama pengurus Pedas

Medan-Intipnews.com:Bakal calon [balon] Wakil Walikota Medan Rusdi Sinuraya rupanya penggagas berdirinya Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika [LPPOM] MUI Kota Medan pada 2006. Diketahui LPPOM sangat besar manfaatnya bagi kepentingan umat Islam dalam mengonsumsi obat, pangan dan kosmetika halal.

Baru ketahuan Rusdi Sinuraya penggagas LPPOM MUI, saat berlangsung pertemuan silaturahmi yang akrab di Sekretariat MUI Kota Medan, Jalan Nusantara, dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia [MUI] Kota Medan Prof DR Muhammad Hatta, Selasa 18 Februari 2020.

“Beliau [Rusdi Sinuraya] yang mengusulkan ke saya agar didirikan LPPOM. Saya setuju. Lalu beliau dengan dananya sendiri [swakelola] mendirikannya. Kemudian niat baik pak Rusdi Sinuraya diapresiasi Walikota Medan kala itu Pak Abdillah.

Seterusnya masih cerita Profesor DR M Hatta, pak Wali menggelontorkan dana untuk melengkapi peralatan laboratorium. “Jadi memang Rusdi Sinuraya sudah lama punya hubungan baik dengan MUI Medan,” ungkap Prof Muhammad Hatta kepada wartawan, di Medan.

Pertemuan Rusdi dengan Ketua MUI itu berlangsung hangat. Rusdi yang merupakan cucu ulama datang didampingi pengurus Pedagang Bersatu [PEDAS] antara lain H Erwin Piliang dan Mardi Chan. Rusdi banyak mendapat masukan dari Prof DR Muhammad Hatta.

Ketua MUI Medan Prof DR M Hatta saat menceriakan bagaimana Rusdi Sinuraya [tengah] menggagas berdirinya LPPOM MUI

Masukan berharga untuk Rusdi Sinuraya terkait dorongan elemen masyarakat yang menginginkannya maju pada Pilkada Medan dan tentang suksesi dirinya yang diberhentikan dari Dirut PD Pasar Medan.

“Apa yang sudah dilakukan Pak Rusdi Sinuraya menunjukkan kalau dirinya menunjukkan sikap seorang pemimpin. Kalau dari sisi agama, Rusdi sudah menjalankan ilmu dan hikmah. Secara ilmu Rusdi Sinuraya menyerahkannya ke hukum. Dan secara hikmah beliau mencoba arif dan bijaksana, nggak ngotot saat dicopot dari Dirut PD Pasar,” kata Prof DR M Hatta.

Soal keinginan maju pada Pilkada Medan, Prof Hatta berharap agar Rusdi melangkah dengan niatnya sebagaimana yang diajarkan dalam Islam, segala perbuatan harus diawali dengan niat. “Kalau niat maju di Pilkada Medan demi kemaslahatan umat, insya Allah, Allah meridhai,” tuturnya.

Dalam momen estetis yang cukum baii itu Prof Hatta mengajak Rusdi Sinuraya melihat ruangan LPPOM MUI Medan, dan sejumlah ruangan lainnya yang bermanfaat menjaga kehidupan umat dengan arif dan bijaksana.

  • Laporan Roni Neliati