Rusuh, Rutan Kabanjahe Terbakar

0
79
Suasana Rutan Kabanjahe yang rusuh dan terbakar. Foto Istimewa

Para warga binaan yang emosi melakukan aksi kerusuhan, karena ada 5 orang rekannya 3 hari dirantai. “Makanya kami enggak terima,” jelas salah seorang warga binaan T…

Medan-Intipnews.com:Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan [Rutan] Kabanjahe di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara menyebabkan kebakaran pukul 12.00 WIB menghanguskan Rutan berisi 450 tahanan itu, Rabu 12 Februari 2020.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Jahari Sitepu kepada wartawan menyebutkan, kerusuhan dipicu razia dilakukan petugas kamar rutan, yang  menemukan sejumlah ponsel dan narkoba.

Selanjutnya, sejumlah tahanan beserta barang bukti narkoba dan ponsel dibawa ke Polres Tanah Karo. Hal itu diduga yang menyulut emosi para warga binaan. Mereka lalu mengamuk dan membakar sejumlah ruangan.

“Mereka semua tidak terima razia itu. Informasi yang saya dapat, yang terbakar itu ruangan administrasi,” kata Jahari. Setelah api berkobar petugas kepolisian bersama TNI AD  turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan.

Tidak beberapa lama api dapat dipadamkan melalui kerja keras, karena mobil unit pemadam kebakaran [Damkar] agak susah masuk ke sana, disebabkan rumah rapat-rapat. Seterusnya semua tahanan ditarik ke Polres Tanah Karo.

Masih menurut Jahari Sitepu, jumlah warga binaan yang menghuni rutan tersebut saat ini ada 410 orang. Sedangkan kapasitasnya hanya 145 orang. “Untuk penjagaannya hanya sekitar 24 sipir,” tukasnya Sitepu.

Sebelumnya menurut saksi mata, para warga binaan yang emosi dan melakukan aksi kerusuhan karena adanya 5 orang rekannya yang dirantai. “Makanya kami enggak terima,” jelas salah seorang warga binaan T setelah dimasukkan ke mobil tahanan.

Dijelaskan T bahwa kelima rekannya itu sudah menjalani hidup dengan di rantai selama tiga hari ini. Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui secara pasti apa penyebab rekannya tersebut diperlakukan seperti itu.

* Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini