Sekda Nagan Raya Ardimartha Buka Rapat Pembentukan UPTD Geunaseh Poma

23
Sekda Nagan Raya Ardimartha

Nagan RayaIntipnews: Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham SE, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Ardimartha, buka kegiatan pembentukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Geunaseh Poma di Aula Kantor Bupati setempat, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Kamis 2 September 2021.

Sekda Nagan Raya Ir H Ardimartha saat membuka rapat fasilitasi pembentukan UPTD tersebut mengharapkan, agar dengan adanya lembaga bantuan hukum ini, anak yang berhadapan dengan persoalan hukum dapat tertangani dengan baik.

“Karena itu, pembentukan UPTD Geunaseh Poma ini bertujuan untuk melindungi anak yang berhadapan dengan hukum,” ujar Sekda Nagan Raya Ardimartha. 

Kata Sekda, hal ini sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda) antara lain terkait  pelaksanaan rehabilitasi sosial, dimana panti asuhan yang semula dikelola kabupaten, dialihkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov). 

Menurut Sekda, ini dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Menteri Sosial RI Nomor : 02/MS/C/01/2019 tanggal 22 Januari 2019 tentang kewenangan pembentukan Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) untuk anak yang berkonflik dengan hukum. 

“Pembentukan UPTD Geunaseh Poma ini merupakan pengalihan dari UPTD Panti Asuhan Mulia Hati, yang selama ini dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya,” terang Sekda Nagan Raya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya Bustami SPd selaku leading sektor dalam hal ini, juga mengharapkan  semoga UPTD Geunaseh Poma segera terwujud. 

“Mudah-mudahan UPTD ini segera terwujud, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi anak yang berhadapan dengan hukum, dalam upaya memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak di Kabupaten Nagan Raya,” ujar Bustami. 

Kabag Organisasi Setdakab Muhammad Dahlan SE, selaku koordinator kegiatan menjelaskan, pengalihan ini didasari oleh beberapa pertimbangan, di antaranya fakta bahwa saat ini tingginya kasus anak berkonflik hukum (ABH) yang terjadi di Nagan Raya, baik sebagai pelaku, korban, maupun saksi.

“UPTD Geunaseh Poma merupakan salah satu jawaban untuk menangani persoalan seperti itu,” imbuhnya sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan menyukseskan acara itu. 

Adapun fasilitator dalam kegiatan tersebut adalah Tim dari Biro Organisasi Setda Aceh yang dipimpin Kepala Bagian Kelembagaan Anwar SAg MH. Turut hadir Asisten III Setdakab Nagan Raya Drs Mahdali dan sejumlah undangan lainnya. * Itp-Dt