Sekdakab Nagan Raya Ikuti Penilaian Unit Metrologi Legal

13
Sekda Nagan Raya Ikuti Penilaian Unit Metrologi Legal

Nagan RayaIntipnews: Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Nagan Raya Ir Ardimartha mengikuti acara penilaian Unit Metrologi Legal di kabupaten Nagan Raya yang dilaksanakan secara virtual oleh tim dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) melalui Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan (DirMet Kemendag), Kamis (9/9/2021). 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menilai kesiapan operasional unit metrologi yang dimiliki oleh Disperindagkop dan UKM Nagan Raya. Jika nantinya mendapatkan izin dari Kemendag, Disperindagkop Nagan Raya bisa menjalankan tugas kemetrologian, antara lain tentang alat ukur takar dan perlengkapannya, yang wajib ditera dan tera ulang seperti SPBU, timbangan pasar, timbangan elektronik, timbangan di perusahaan perkebunan sawit dan lainnya. 

| BACA JUGA: Sekda Nagan Raya Ardimartha Buka Rapat Pembentukan UPTD Geunaseh Poma

Ditjen PKTN memiliki tugas melaksanakan perumusan, pelaksanaan dan pengendalian kebijakan, pedoman, norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta memberikan bimbingan teknis dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang metrologi.

Juga melakukan penyiapan evaluasi dan pelaporan di bidang Analisis kemetrologian, kelembagaan dan penilaian kemetrologian, alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP), serta penegakan hukum dan bimbingan kemetrologian. 

“Hari ini kita dinilai oleh tim Kemendag RI, semoga nantinya lulus dan Nagan Raya layak memiliki unit metrologi legal sendiri. Karena, selama ini kita masih menggunakan jasa timbangan dari Aceh Barat (berbagi PAD: 70% untuk Aceh Barat dan 30% Nagan Raya). Jika ini disetujui, tentunya akan menambah PAD Nagan Raya,” terang Sekdakab yang turut didampingi Kadisperindagkop dan UKM Nagan Raya Siti Zaidar SSt.

Dalam penilaian tersebut, Tim dari Kemendag RI juga minta diperlihatkan peralatan yang dimiliki oleh Disperindagkop dan UKM Nagan Raya seperti berbagai jenis alat timbangan, kendaraan operasional, baik sepedamotor maupun mobil operasional lengkap dengan peralatan pendukung di dalamnya.

Pada acara penilaian Unit Metrologi Legal tersebut, Sekdakab Nagan Raya Ir Ardimartha turut didampingi oleh asisten, Inspektorat, Kadiskominfotik, Sekban Bappeda dan Sekdin DPKAD setempat. * Itp-Des