Sekolah Ramah Anak, Aman dan Menyenangkan

0
7

Aceh TimurIntipnews.com:Sekolah ramah anak diharapkan aman dan menyenangkan bagi peserta didik. Karena bebas kekerasan antar peserta didik, maupun kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan.

Hal itu disampaikan Sekda Aceh Timur Mahyuddin, pada acara deklarasi Sekolah Ramah Anak [SRA], di SMP Negeri 1 Peureulak [foto], Kamis [25/3/21]. Sekolah ramah anak untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, serta memastikan satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak.

“Tujuan sekolah ramah anak harus meningkatkan bakat dan kemampuan anak. Serta mempersiapkan anak untuk dapat bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, bekerjasama demi kemajuan dan semangat perdamaian,” ujar Mahyuddin.

Dijelaskannya, Kabupaten Aceh Timur sedang dalam tahap pengembangan Kabupaten Layak Anak [KLA]. Diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Bupati [Perbup] Aceh Timur Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebupaten Aceh Timur Saiful Basri menyebut, dalam kegiatan ini menuturkan, sekolah ramah anak untuk dapat membentuk karakter anak serta memberikan kesempatan kepada anak agar dapat melakukan pengembangan diri.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Aceh Timur Muslidar mengatan, saat ini sudah ada 14 sekolah di Aceh Timur yang ditetapkan untuk menuju sekolah ramah Anak, yakni 7 SD, dan 7 di tingkat SMP.

  • Laporan Evayanti