Seminar Bahasa, Prof Haryono: Indonesia di Perangkap Perang Abad 21

0
52

Peneliti Indonesia jangan mau mengirim karya ilmiahnya ke jurnal internasional, akan merugikan bangsa Indonesia sendiri,…”

Medan-Intipnews.com:Bupati Batu Bara H Zahir menghadiri Seminar Nasional Bahasa dan Sepeda Bangsa dengan tema dari Barus ke Barus Pemusatan Kebudayaan Melayu di Sumatera Utara Menangkal Gelombang Tsunami Kebahasaan.

Seminar dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatera Utara, bertempat di Le Polonia Hotel jalan Jenderal Sudirman Medan Kamis 20 Februari 2020. Melalui Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus [foto], Bupati Zahir mengatakan, seminar ini cukup bagus dan peserta sangat antusias dalam mengikutinya.

“Sebab materi yang dibahas selain mengangkat sejarah peradaban Islam di Indonesia dan budaya Melayu Pesisir juga terkait bahasa di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Ilyas.

Bahasa sebagai alat komunikasi secara genetis implementasinya manusia mampu membentuk lambang atau memberi nama guna menandai setiap kenyataan. “Budaya yang ada di sekeliling bahasa akan ikut menentukan wajah dari bahasa itu,” tambahnya.

Masih menurut Ilyas, Tapanuli Tengah, khususnya Kecamatan Barus, merupakan wilayah pesisir yang identik dengan Melayu, selain itu seminar yang digelar ini juga membahas eksistensi Bahasa Indonesia dan kelembagaannya atas prakarsa tokoh Sumut Sanusi Pane.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini