DPRD: Serapan Anggaran Kelurahan di Medan Tak Maksimal

5
Serapan Anggaran
Serapan anggaran kelurahan di Medan tak maksimal

MedanIntipnews.com:Serapan anggaran kelurahan di Medan tak maksimal. Demikian disebutkan anggota DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe agar anggaran kelurahan dikirim langsung ke kelurahan, jangan melalui kecamatan.

Mulia Asri mengungkap hal itu saat rapat Komisi I DPRD Kota Medan terkait evaluasi penggunaan anggaran triwulan 2 tahun 2021 kecamatan se Kota Medan di ruang Banmus, Senin [21/6/21].

Serapan anggaran kelurahan di Medan tak Maksimal, “Dana kelurahan ini kan beda dengan dana desa. Dana kelurahan ini turunnya ke kecamatan dan pelaksanaannya di kelurahan. Beda dengan APBDes yang dananya turun langsung ke kelurahan,” jelasnya.

Untuk itu, Mulia Asri menyebut, ini penyebab minimnya serapan anggaran di kecamatan oleh minimnya serapan anggaran di tingkat kelurahan. “Bayangkan saja, yang menerima anggarannya pihak kecamatan, namun yang menggunakan anggarannya ada di kelurahan. Nanti, buat laporannya bakgaimana,” tukas politisi dari Fraksi Partai Golkar ini.

Sementara ketua komisi 1 DPRD Kota Medan, Rudyanto meminta agar pihak kecamatan memaksimalkan penggunaan anggarannya. “Kami ingin membantu walikota menyelesaikan tugasnya dengan baik. Makanya, hasil rapat ini akan kita sampaikan kepada walikota Medan,” paparnya.

Sebelumnya, Camat Medan Deli, Fery Suhery mengungkapkan salah satu penyebab belum maksimalnya penyerapan anggaran tersebut disebabkan oleh belum adanya SK bendahara dan belum ada petunjuk teknis pelaksana.

“Selain itu, ada perubahan aplikasi dan pegawai masih banyak yang belajar memakainya. Proses ini juga jadi kendala,” paparnya.

Itp-04