Sergai-Aceh Timur Saudara Baik Sampai Kapanpun

0
76
Bupati Sergai H Soekirman [baju hitam] bertukar cindera mata dengan Bupati Aceh Timur H Hasballah

Kita melakukan pendekatan budaya, dengan pendekatan budaya yang dicari adalah persamaan. Berbeda dengan pendekatan politik yang dicari adalah perbedaan…

Sergai-Intipnews.com:Tujuan kedatangan Kabupaten Serdangbedagai [Sergai] Sumatera Utara, ke Aceh Timur Aceh adalah menjalin persaudaraan dengan saudara kita yang ada di sini sehingga hubungan persaudaraan akan terus terjalin dengan baik sampai kapanpun.

Hal itu diungkapkan Bupati Serga H Soekirman beserta tim revitalisasi budaya lokal dalam pelestarian seni dan budaya kedua daerah [Sergai dan Aceh Timur] di Pendopo Kabupaten Aceh Timur, Senin 2 Maret 2020

Disebutkan Soekirman, rasa kehormatan dan kebanggaan atas penyambutan dari Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib, beserta jajaran yang cukup meriah. Diantaranya tari penyambutan serta berbalas pantun yang cukup indah serta mengingatkan kami seperti di daerah sendiri.

“Aceh Timur adalah mutiara yang terpendam dalam hal budaya. Dahulu di sini terdapat kerajaan Peureulak dengan Ibukota bernama Bandar Khalifah, sama halnya dengan Kecamatan yang kami miliki di Sergai.

Berdasarkan sejarahnya, daerah ini dahulu adalah tujuan perdagangan dunia yang pernah disinggahi oleh orang terkenal seperti Marcopolo dan sangat banyak yang dapat digali di sini.

Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib mengucapkan selamat datang kepada Bupati Sergai beserta tim revitalisasi budaya. “Kunjungan ini mengingatkan kunjungan saya beberapa waktu lalu ke Sergai guna melihat potensi pengolahan berbagai komoditas pertanian seperti padi dan ubi kayu,” katanya.

Bupati Sergai dan Bupati Aceh Timur bersama jajaran foto bersama dengan tim kesenian kebudayaan dua daerah

Tentang adat budaya Islam di Peureulak, Hasballah menjelaskan memang benar banyak situs peninggalan kerajaan dan bangunan bersejarah zaman kolonial Belanda di sini yang akan kami kelola agar dapat meningkatkan perekonomian daerah dengan tetap mempertahankan ciri budaya dan agama.

“Dengan kehadiran Bupati Sergai kami semangat dan kami termotivasi untuk bangkit, baik dalam hal seni budaya, pariwisata dan lainnya. Kerjasama yang baik ini tidak boleh putus dan harus terus terjalin,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Kabupaten Aceh Timur menampilkan Tari Serunai Kalee khas Aceh Timur, tari Seudati Aceh, dan Tari Saman Gayo. Sedangkan Kabupaten Sergai menampilkan tari Serampang Dua Belas, Tari Tagale, kesenian Wayang Orang dan tari Multi Etnis.

Selanjutnya Bupati Sergai Soekirman saat mengunjungi situs-situs seni budaya yang ada di Kabupaten Aceh Timur mengharapkan upaya pelestarian cagar budaya yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Timur dapat juga diterapkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

* Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini