Sergai Bagikan 89 Lembu dan 2 Domba Kurban ke 17 Kecamatan

0
6
Sergai bagikan 89 lembu dan 2 domba kurban ke 17 Kecamatan

SergaiIntipnews.com:Sergai bagikan 89 lembu dan 2 domba kurban ke 17 kecamatan. Meski situasi pandemi Covid 19 di Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara belum usai, tidak menjadi halangan bagi jajaran Pemkab Sergai untuk melaksanakan ibadah kurban di hari raya Idul Adha 1442 H/2021.

Di sela-sela tinjauannya di lokasi pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqomah, Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul, Selasa [20/7/2021], Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan, tahun ini Pemkab Sergai melaksanakan kurban dengan melibatkan seluruh OPD.

“Tahun ini Pemkab Sergai bagikan dan kembali mengkoordinir pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Mekanismenya, masing-masing hewan kurban yang bersumber dari OPD Senin [19/7/21], sudah diantarkan ke lokasi pemotongan di seluruh kecamatan se-Sergai. Dan setelah shalat Idul Adha, pemotongan pun dilaksanakan,” terang Darma.

Tidak hanya OPD, Darma menyebut, Wakil Bupati [Wabub] Adlin Umar, Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy, dan keluarga juga ikut menyumbangkan hewan kurban secara pribadi. “Beberapa sekolah pun ada yang menyerahkan lembu dan domba untuk dikurbankan pada tahun ini,” ucapnya.

Ia kemudian merinci, total hewan kurban yang terkumpul dan diserahkan ke 17 Kecamatan sebanyak 89 ekor lembu dan 2 ekor kambing. “Lokasi penyembelihan hewan kurban dibagi untuk masing-masing OPD. Semua proses berjalan dengan lancar. Proses penyembelihan dan pengulitan juga diusahakan dilaksanakan di ruang terbuka dengan menerapkan prokes,” ungkapnya.

Dengan meminimalisir terciptanya kerumunan, lanjutnya, semoga tahun depan jumlah hewan kurban bisa bertambah dan masing-masing dari kita diberi rezeki dan kecukupan untuk bisa berkurban di tahun berikutnya.

Di tempat terpisah, Wabup Adlin Tambunan menyaksikan proses pemotongan hewan kurban di lingkungan Manggis, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan. Wabub meminta kepada panitia kurban agar daging kurban dibagi-bagikan secara langsung kepada warga dari rumah ke rumah.

“Protokol kesehatan mesti dijalankan secara disiplin dalam kegiatan kita pada hari ini supaya tidak menciptakan kluster baru dan kita tetap bisa menjalankan ibadah dengan nyaman dan aman,” ucapnya.

  • Itp-04