Sidak Gubsu Edy:Kerja Kalian untuk Rakyat, Kantongi Tupoksi

15
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melakukan inspeksi mendadak [sidak]

MedanIntipnews.com:“Pekerjaan kalian ini untuk rakyat, jangan main-main, saya sering katakan kantongi itu tugas pokok dan fungsi [Tupoksi] kalian setiap hari,” kata Gubernur Sumatera Utara [Gubsu], Edy Rahmayadi.

Hal itu dikatakannya saat melakukan inspeksi mendadak [Sidak] ke beberapa kantor Organisasi Perangkat Daerah [OPD] Pemerintah Provinsi Sumatera Utara [Pemprovsu], Senin 17 Mei 2021, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika [Kominfo] Sumut Irman Oemar.

Sidak dilakukan untuk memastikan kesiapan aparatur sipil negara [ASN] di hari pertama kerja setelah libur Lebaran. Dimulai dari Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu di Jalan Wahid Hasym.

Dilanjutkan ke Kantor Inspektorat Sumut Jalan Wahid Hasyim, Kantor Unit Pelayanan Teknis [UPT] Samsat Medan Utara di Jalan Putri Hijau, kemudian Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman [PKP] hingga berakhir di Dinas Perkebunan di Jalan AH Nasution.

Di Kantor Dinas PKP, Gubernur Edy Rahmayadi menegur salah seorang ASN lantaran tidak mengetahui Tupoksi sewaktu ditanya. Menurut Edy, seorang ASN haruslah mengetahui Tupoksinya sebagai seorang aparatur negara. Untuk itu, Gubernur meminta ASN tersebut untuk mengantongi daftar Tupoksinya setiap hari.

Di kantor Dinas PKP Sumut, Edy Rahmayadi juga memberi arahan kepada seluruh ASN yang hadir. Meminta para ASN bekerja dengan lebih baik lagi, serta loyal kepada pimpinan. Para ASN diminta juga memiliki esprit de corp [jiwa korsa]. “Jangan bikin jelek instansi, kalau jelek satu orang, Pemprovsu juga jelek,” katanya.

ASN juga dituntut melek teknologi. Sehingga tidak ketinggalan zaman. Teknologi yang saat ini ada seperti internet, laptop, ponsel pintar memudahkan pekerjaan. Sementara di kantor pelayanan Samsat Medan Utara, Edy melihat banyak masyarakat yang menunggu pelayanan buka di gerbang kantor.

Ia menyebut agar masyarakat tidak berlama-lama mengantre. Untuk itu, Edy meminta kepada Kepala UPT Samsat Medan Utara agar ke depan tidak lagi seperti itu. Gubsu Edy mengharapkan ke depan pelayanan seluruhnya dilakukan secara daring. Agar jam pelayanan dipercepat lagi.

Pada Sidak tersebut, Gubsu menemukan gedung Kantor Inspektorat dan Dinas PKP tidak rapi. Tanaman yang tidak terawat, cat gedung yang tidak bagus dan lain sebagainya. Gubsu minta kepada kepala OPD tersebut untuk membenahinya.

  • Laporan roni Neliati