Rapat persiapan SMSI Sumut memfasilitasi verifikasi faktual media siber oleh Dewan Pers

Medan-Intipnews.com:Serikat Media Siber Indonesia [SMSI] Sumut [Konstituen Dewan Pers] memfasilitasi anggotanya untuk dilakukan Verifikasi Faktual oleh Dewan Pers yang diirencanakan pertengahan bulan depan [September 2020].

Ketua SMSI Sumut Ir Zulfikar Tanjung kepada wartawan di Kantor SMSI Sumut di Jalan Denai 221 B Medan, Minggu [30/8] mengharapkan semoga Verifikasi Faktual tersebut lancar.

Didampingi Wakil Ketua Drs H Agus S Lubis, Sekretaris Erris J Napitupulu, Bendahara Irma Yuni, Penasihat Austin Tumengkol dan Rony Purba, Zulfikar sudah menyosialisasikan hal ini dan sejumlah media yang sudah siap juga telah dirapatkan pada Kamis [27/8].

Sejumlah nama media siber terkemuka Sumut, terutama yang telah berstatus terverifikasi administrasi, telah disampaikan ke Dewan Pers, sehingga nantinya media-media ini akan menambah jumlah anggota SMSI Sumut yang telah Terverifikasi Faktual saat ini.

Media yang akan Verifikasi Faktual antara lain waspada.co.id, mimbarumum.co.id, realitasonline.id, mediasumutku.com, orbitdigitaldaily.com, intipos.com, tobasatu.com, asarpua.com, inimedan.com, mediaapakabar.com, kliksumut.com dan beberapa media lainnya yang sedang melengkapi berkas untuk syarat Verifikasi Faktual.

Zulfikar Tanjung mengemukakan perusahaan media sangat penting untuk mendapatkan verifikasi baik administratif maupun faktual. Sebab setelah terverifikasi, media tersebut akan menjadi legal dan diharapkan bekerja secara profesional.

Selain itu verifikasi Dewan Pers menjamin kepercayaan baik kepada masyarakat sebagai konsumen media, maupun kepada instansi dan lembaga lain yang akan mengadakan kerja sama dengan perusahaan media dimaksud.

“Dewan Pers bisa memberikan perlindungan kepada wartawan yang menulis berita. Karena medianya sudah bersertifikat, Dewan Pers sudah mengakui. Oleh sebab itu SMSI terus akan memfasilitasi anggotanya agar terverifikasi,” paparnya. *Ril

 

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini