Soal Batas Usaha Pukul 17.00, DPRD Mulia: Pemko Tak Ikuti SE Gubsu

14
Soal Batas Usaha
Soal Batas Usaha Pukul 17.00, DPRD Mulia katakan Pemko tak ikuti SE Gubsu

MedanIntipnews.com:Soal batas usaha pukul 17.00 WIB, DPRD Mulia sebut Pemko tak ikuti SE Gubsu. Komisi 1 DPRD Kota Medan, Mulia Syahputra Nasution meminta Pemerintah Kota [Pemko] Medan untuk tak mengikuti sepenuhnya Surat Edaran [SE] Gubernur Sumatera Utara [Gubsu], Edy Rahmayadi.

Menurut Mulia [foto] kepada wartawan, Selasa [6/7/21] sore, dalam SE Gubsu No.188.54/26/INST/2021, khususnya pada poin 10 bagian d No.2 dijelaskan, ‘jam operasional pengusaha makan-minum dibatasi sampai dengan pukul 17.00 WIB waktu setempat’.

“Kita minta, agar Pemko Medan tidak menerapkan poin tersebut di dalam SE Walikota Medan soal perpanjangan PPKM berbasis mikro yang baru saja diperpanjang Gubsu melalui surat edaran [SE] yang ditandatangani 5 Juli 2021,” ujar Mulia, sebagaimana di-publish media massa.

Pembatasan waktu usaha hingga pukul 17.00 WIB itu, jelas politisi Gerindra ini, akan semakin mempersulit para pelaku usaha. Khususnya para pelaku usaha kuliner untuk menjalankan usahanya. Saat ini saja, kata Mulia, ketika para pelaku usaha dibatasi beroperasi hingga pukul 20.00 WIB, banyak pelaku usaha yang mengaku merugi.

Soal batas usaha pukul 17.00 WIB, DPRD Mulia sebut Pemko tak ikuti SE Gubsu. “Kita sudah banyak sekali mendapatkan keluhan soal ini dari masyarakat. Karena sangat sedikit yang makan malam di bawah pukul 20.00 Wib. Rata-rata justru pengunjung makan/minum antara pukul 19.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Apalagi yang mau mereka buat kalau dibatasi pukul 17.00 WIB?” tukasnya.

Seharusnya, terang Mulia, para pelaku usaha tetap harus diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB atau pukul 21.00 WIB. Hanya saja, Satgas Covid 19 Kota Medan maupun provinsi harus betul-betul memperketat pengawasan di setiap lokasi usaha yang ada di Kota Medan, terkait penerapan Prokes.

Diterapkan mulai dari wajib mencuci tangan, wajib pakai masker, dan tidak boleh duduk berdekatan atau harus menjaga jarak hingga tidak terjadi kerumunan. “Sebab ini bukan serta merta soal jam operasional. Sekalipun dibatasi hingga pukul 17.00 WIB, kalau tidak patuh dengan protocol kesehatan [Prokes], tetap saja virus ini akan terus menyebar,” tukasnya.

Itp-04