Soal PT API Bermasalah, DPRD Sudari: Walikota Segera Evaluasi Jajaran

0
9
Soal PT API bermasalah, anggota DPRD Sudari minta Walikota segera Evaluasi Jajarannya

MedanIntipnews.com:Soal PT API Bermasalah, anggota DPRD Medan Sudari meminta Walikota Medan Bobby Nasution segera mengevaluasi jajarannya. “Jika terbukti pejabat Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Medan melindungi perusahaan bermasalah, saya minta Walikota Medan Bobby Nasution mengevaluasi kinerja jajarannya,” tandas Sudari, Rabu [2/6/21]

Hal itu diungkap Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Medan Sudari, yang sebelumnya mendesak Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Kota Medan menjalankan keputusan hasil rapat dengar pendapat [RDP] Komisi 2 DPRD soal penutupan operasional PT API.

“DLH harus tegas menindak PT API bila melanggar kesepakatan, yakni menyetop operasional usahanya yang menimbulkan polusi udara ymenyebar bau busuk menimbulkan keresahan warga sekitar Lingkungan 4, Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli.

Diketahui berdasarkan kesepakatan dari RDP di Komisi 2 DPRD Medan, Senin [3/5/21], perusahaan PT API ditutup sementara sampai limbahnya dari usaha kulit ayam tidak lagi menimbulkan aroma busuk menganggu masyarakat.

Rapat kala itu dihadiri anggota Komisi DPRD Medan, Sudari ST, Dhiyaul Hayati, Haris, Modesta Marpaung, Afif Abdillha, Wong Chun Sen. Hadir juga Kepala DLH Medan, Syarif Armansyah Lubis, pihak PT API, PT KIM, Lurah Mabar, Camat Medan Deli dan perwakilan masyarakat.

“Jadi DLH harus bertindak tegas, menindaklanjuti keputusan RDP bahkan merekomendasikan PT API harus menghentikan operasionalnya dan memperbaiki IPAL polusi udara,” terang Sudari kepada awak media.

Sudari mengaku kecewa dengan kinerja DLH Kota Medan tidak menindaklanjuti hasil rapat di DPRD Medan. Sudari menganggap DLH terkesan anggap remeh dengan tidak mengindahkan hasil RDP dan rekomendasi Komisi 2 DPRD Medan terkait penghentian sementara operasional PT API.

Padahal di kesempatan RDP DPRD Kota Medan tersebut Direktur PT API Indra Gunawan menyebut, akan berusaha melakukan perbaikan. “Kami berharap arahan teknis dari Dinas Lingkungan Hidup untuk perbaikan. Upaya perbaikan tetap kita upayakan, dan kita taat peraturan,” ucapnya.

Faktanya, ungkap Sudari, hingga saat ini PT API yang bermasalah belum ditindaklanjuti oleh DKH. Dan masyarakat dalam kehidupan menjalani aktivitasnya sehari-hari masih tidak nyaman harus mrnghirup bau busuk.

  • Itp-04