Soal TWK, Komnas HAM: Ini Tak Bisa Dijawab Pimpinan KPK

0
53
Soal TWK, Komnas HAM
Soal TWK, Komnas HAM: sebut ini tak bisa dijawab pimpinan KPK. Choirul Anam. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Soal TWK, Komnas HAM sebut, ini yang tak bisa dijawab pimpinan KPK. Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, ada 3 pertanyaan yang tak bisa dijawab Ghufron yang mewakili Pimpinan KPK, dalam pemeriksaan Komnas HAM, Kamis [17/6/2021].

Memenuhi panggilan Komnas HAM yang datang Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, dan telah selesai menjalani pemeriksaan Komnas HAM terkait polemik tes wawasan kebangsaan [TWK].

Soal TWK, komisioner Komnas HAM Choirul Anam masih berharap lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK} bersedia memenuhi panggilan Komnas untuk diperiksa terkait laporan sejumlah pegawai KPK yang tak lulus TWK.

Menurutnya pemeriksaan tidak bisa diwakilkan ke satu pimpinan saja. “Ada beberapa konstruksi pertanyaan yang bukan wilayah kolektif kolegial, tapi wilayah yang sifatnya kontribusi para pimpinan, per individu,” kata Anam di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat.

Sebagaimana dilansir Teropongsenayan, Choirul Anam mengatakan ada 3 pertanyaan yang tak bisa dijawab Ghufron dalam pemeriksaan itu, yakni:1. Soal Pengambilan Kebijakan. Komnas HAM bertanya kepada Ghufron siapa yang mengambil keputusan soal pelaksanaan tes kebangsaan tersebut.

“Kami menelusuri apakah ini wilayah kolektif kolegial atau tidak dan ternyata dia jawab tidak tahu,” kata Anam usai pemeriksaan. Anam menyebut, pertanyaan itu hanya bisa dijawab oleh pimpinan KPK lainnya yang terlibat langsung.

2. Siapa yang berpengaruh dalam Proses TWK, Anam mengatakan Komnas juga menggali siapa yang mewarnai proses pelaksanaan tes ini. “Semua ini itu juga tidak bisa dijawab, karena memang bukan ranah Nurul Ghufron,” kata Anam.

3. Siapa Pencetus Ide TWK, pertanyaan lain yang tak dijawab Ghufron adalah terkait pencetus ide TWK ini. Anam mengatakan ide ini bukan berasal dari Ghufron sendiri. Karena itu, Anam mengatakan tak ada jawaban yang bisa diambil dari Ghufron.

“Kami memberikan kesempatan kepada pimpinan yang lain untuk datang ke Komnas HAM supaya memberikan klarifikasi,” tukas Anam soal pemeriksaan TWK ini.

Selain itu Anam mengaku menyampaikan salam kepada pimpinan KPK lainnya melalui Ghufron. Sebab, dia menekankan ada pertanyaan yang sifatnya perihal kontribusi masing-masing pimpinan KPK.

Itp-17