Soal Wartawan di Medan Memprihatinkan, Ada Apa…

0
232
As Atmadi

CATATAN AS ATMADI

Intipnews.com:APAKAH kondisi awak media [wartawan, pers, jurnalis] memang sudah memprihatinkan saat ini di Medan. Begitu pertanyaan muncul ketika bertubi-tubi, hampir setiap saat datang wartawan, sebut saja junior, bertanya dan melaporkan soal jurnalistik masa kini dan aktivitas kewartawan kepada saya, yang terkesan wartawan seperti tumpukan pasir. Berkumpul tapi esensinya berpisah.

Masih ada saja wartawan yang disibuki hal-hal yang remehtemeh. Bukan mempersiapkan berita yang berkualitas, akurat, menjalankan sosial kontrol, sehingga para OPD dan pimpinan di daerah ini tidak lengah dan tertidur, tak berbuat apa-apa. Ingat, angin kencang membuat layang-layang terbang. Laut bergelombang membuat nelayan tangkas.

Malah wartawan yang ngepos di Pemprovsu, yang katanya ada friksi-friksi, adanya intrik-intrik. Wartawan yang katanya senior tidak pernah ikhlas menerima wartawan junior dan cenderung menciptakan jalan dan cara-cara untuk melahirkan semacam kotak-kotak, dan blok.

Seperti yang berlaku di kantor Gubernur zaman dulu [era wartawan pokok asam dan wartawan nan 9], yang bisa dan boleh ngepos di situ wartawan dari 9 media saja.