Suasana perpanjangan pendaftaran oleh KPU, dan Soekirman [inzet] yang pada pendaftaran paslon bupati dan wakilnya ditolak KPUD Sergai. Pendaftaran perpanjangan jadi momen daftar ulang Soekirman. Foto Istimewa

Sergai-Intipnews.com:KPUD Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi perpanjangan masa pendaftaran, berlangsung di aula pondok Wong Rame Pantai Cermin, Rabu 9 September 2020.

Soekirman hadir selaku Plt ketua DPD PAN Sergai yang sah di tanggal 3 September, mengajukan keberatan dengan dipergunakannya hak mendaftar ketua partai pengusung oleh orang lain.

Bahkan, ujar Soekirman, Partai Amanat Nasional [PAN] yang dipimpin dirinya belum pernah mendaftarkan calon lain. “Itulah yang saya tuntut dalam sosialisasi ini,” tegas Soekirman. Direncanakan dalam melakukan pendaftaran di masa perpanjangan nanti, Soekirman akan menghadirkan pengurus DPP PAN untuk mendaftarkan partainya dan bapaslon.

Dalam perdebatannya pasal perpasal pada acara tersebut, memberi ruang dan angin bagi terbukanya pendaftaran paslon yang belum terdaftar. Pasalnya dalam surat edaran terbaru KPU RI bernomor 724/2020 bertanggal 6 September 2020 dalam beberapa pasalnya membuka peluang mendaftarnya partai atau gabungan partai.

Dan pada ayat ke 5 tertulis, pasangan yang sudah diterima mendaftar wajib mendaftar dan memperbarui seluruh berkas dokumen syarat pencalonanan dan daftar riwayat hidup [formulir model BB2 KWK].

“Itu maknanya maka harus ada pembaruan baru siapa yang direkomendasikan partai untuk mendaftar di perpanjangan waktu mendaftar. Sehingga membuka kesempatan mendaftar ulang bagi pasangan yang kami usung,” ujar Ali Amran Sekretaris partai Nasdem dengan 6 kursi di DPRD Sergai.

Sementara, Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya menyampaikan pihaknya di surat edaran itu untuk meneliti ulang surat dukungan partai yang terakhir. “Apalagi surat dukungan terbaru bertanggal 3 September telah kami terima begitu juga pada perubahan Sipol,” ujarnya.

Acara sosialisasi tersebut turut dihadiri Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang dan perwakilan Kejari Sergai serta perwakilan Dandim 0204/DS. *Jhon S-Itp-14

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini