Sosialisasi Virus Babi: Kena Langsung Mati, Tak Ada Obatnya

68

Batu Bara-Intipnews.com:“Virus ASF Abila menyerang ternak babi, langsung mati. Belum ada pengobatan dan vaksin ditemukan yang dapat kita lakukan saat ini. Hanya melakukan upaya pencegahaan saja.”

Itu diungkapkan Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan Batu Bara, diwakili Eddy Vanduri saat  sosialisasi pencegahaan virus African Swine Fever [ASF] atau penyakit demam babi, di Aula Balai Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Kamis 13 Februari 2020.

Sosialisasi dihadiri Kadis Perternakan dan Perkebunan Batu Bara Camat Air Putih Riyadi, Kepala Desa Pematang Panjang Parulian Gultom, Bhabinkamtibmas Desa Pematang Panjang Aiptu MSiregar, Petugas Puskeswan Air Putih, Listen Samosir, para Kadus dan para peternak babi.

Kepala Desa Pematang Panjang Parulian Gultom berharap peternak babi agar benar benar memahami pemaparan yang akan dijelaskan dari Dinas Peternakan Batu Bara. Peternak babi, kata Camat Air Putih,  memahami yang dijelaskan Dinas Peternakan Batu Bara agar Air Putih bebas dari penyakit virus ASF.

Eddy Vanduri mengharapkan rapat yang digelar dapat bermanfaat bagi para peternak. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan, lanjutnya, dengan menjaga kebersihan kandang, penyemprotan desinfekta, tidak memasukkan/membeli ternak babi dari luar, menjaga kebersihan pakan babi.

Kemudian tidak mengizinkan sembarangan orang lain masuk melihat kandang babi, dan babi yang mati dikubur, sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan hidup dan menyebarkan penyakit ke babi-babi lainnya.

  • Laporan Joni Iskandar