Suap Penyidik KPK, MAKI Ancam Gugat Jika CCTV Rumah Wakil Ketua DPR RI Tak Disita

0
6
Wakil Ketua DPR RI, Syamsudin Azis. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Soal wakil ketua DPR RI DPR Azis Syamsuddin diduga terlibat dengan kasus pemerasan penyidik KPK AKP SR terhadap Walikota Tanjungbalai Msy, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia [MAKI] Boyamin Saiman meminta KPK segera menyita rekaman kamera pengawas CCTV di rumah dinas DPR Azis Syamsuddin.

Untuk itu Boyamin mengancam akan mengajukan gugatan praperadilan Apabila KPK tidak menyita rekaman Closed Circuit Television [CCTV] tersebut. “MAKI telah mengirimkan surat melalui email kepada Pimpinan KPK dan Dewas KPK untuk segera melakukan penyitaan rekaman CCTV di rumah dinas Azis Syamsuddin, Jalan Denpasar Raya No C3/3, Kuningan, Jakarta Selatan,” kata Boyamin di Jakarta, Senin 26 April 2021.

“Kami tidak berharap penyitaan CCTV ini lamban dilakukan atau bahkan tidak dilakukan sehingga barang bukti pertemuan menjadi hilang,” hngkap Boyamin, sebagaimana dilansir suara.com.

Dalam konstruksi perkara disebut pada Oktober 2020, Walikota Tanjungbalai MSy menemui Azis di rumah dinasnya menyampaikan permasalahan adanya penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK di Pemkot Tanjungbalai.

Atas perintah Azis, selanjutnya ajudan Azis menghubungi penyidik KPK AKP SR untuk datang ke rumah dinas Azis tersebut. Setelah pertemuan, penyidik KPK SR mengenalkan MH selaku pengacara melalui telepon kepada MSy untuk membantu permasalahannya tersebut.

Lalu membuat komitmen dengan MSy terkait dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai untuk tidak ditindaklanjuti oleh penyidik KPK dengan menyiapkan uang Rp1,5 miliar.Walikota Tanjungbalai menyetujui permintaan SR dan MH tersebut,dengan mentransfer uang bertahap 59 kali melalui rekening bank milik teman SR hingga total uang yang telah diterima oknum penyidik KPK SR Rp1,3 miliar, MH kebagian uang tersebut.