Tim Ahli COVID-19 Balitbang Sumut Dr dr Delyuzar M.Ked [PA],Sp,PA [K] . Foto Istimewa

“Jika tidak cepat dihempang maka banjir pasien Covid 19 akan terus semakin melimpah. Tindakan pendisiplinan protokol kesehatan yang memuat efek jera harus dilakukan konsisten,..”

Medan-Intipnews.com:Jumlah pasien terkonfirmasi atau positif Covid 19 di Sumatera Utara [Sumut] pada Rabu, 2 September 2020, kembali mengalami peningkatan sangat tajam dengan adanya penambahan 182 orang, sehingga total menjadi 7.124 orang.

Menurut Tim Ahli Covid 19 Balitbang Sumut Dr dr Delyuzar M.Ked [PA],Sp,PA [K], ini dipicu tuntutan ekonomi dan pelonggaran pembatasan sosial mengakibatkan masyarakat semakin mengabaikan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

“Kebijakan yang berubah-ubah disertai tindakan tegas yang tidak konsisten membuat cafe dan tempat keramaian lainnya penuh sesak tanpa mengatur jarak fisik, serta tidak memakai masker menjadi gambaran yang umum di mana-mana,” ujar Delyuzar, di Medan, Rabu 2 Agustus 2020.

Ia menyebutkan, tidak prioritasnya urusan kesehatan dalam mencegah pandemi Covid 19 ini dibandingkan dengan tuntutan ekonomi membuat beberapa daerah yang hijau atau telah hijau kembali menjadi merah. Di sisi lain, belum adanya vaksin dan obat membuat angka kesakitan diperkirakan akan meningkat.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini