Tim BPBD Binjai membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir

Binjai-Intipnews.com:Sejumlah 847 rumah warga di tujuh kelurahan dari dua kecamatan di kota Binjai terendam banjir, akibat meluapnya sungai Bangkatan, Rabu 30 September 2020 sekitra pukul 03. 00 WIB.

Warga yang rumahnya kebanjiran, terpaksa memindahkan barang perabotan rumah tangga, dibantu tim BPBD yang turun ke lokasi banjir. Walikota Binjai HM Idaham, Rabu, langsung turun bersama staf turut memberikan bantuan. Begitu juga beberapa paslon Walikota dan Wakil Walikota Binjai.

Menurut data lokasi terparah terkena banjir Kelurahan Setia sejumlah 500 rumah terendam banjir. Di Jalan Imam Bonjol Gang Amal sudah dibuat dapur umum. Kemudian Kelurahan Kartini 50 KK dan Satria hanya 3 KK. Berarti di Kec. Binjai Kota terdapat 553 KK terkena banjir.

Di Kecamatan Binjai Selatan, sebanyak 294 KK, yaitu Kelurahan Rambung Barat 200 KK, Rambung Timur 54 KK, Rambung Dalam 10 KK dan Binjai Estate 30 KK. Dari 847 KK terinci 3.456 jiwa terdampak banjir sungai Bangkatan Binjai.

Air Sungai Bangkatan yang meluap merendam rumah-rumah warga. Foto Istimewa


Warga di Jalan Imam Bonjol Amri, menyebutkan, banjir sungai Bangkatan termasuk besar, seperti yang pernah terjadi tahun 2008. Banjir sungai Bangkatan agak lambat menurun, disebabkan muaranya bertemu dengan aliran sungai Mencirim di jalan Irian, Kelurahan Pekan Binjai.

Sungai Mencirim yang hanya debit airnya menaik sekitar satu meter, tetapi arusnya agak deras, sehingga menghambat aliran air sungai Bangkatan di muara. Begitupun jika hujan tidak turun lagi, limpahan air sungai Bangkatan diperhitungkan surut menjelang sore hari.

Berbagai informasi diperoleh, tim BPBD membuat dapur umum di GOR Binjai. Dan di Kelurahan Rambung Barat bahkan ada rumah yang runtuh. Namun banjir tidak terdapat korban jiwa.

  • Laporan Ibnu Abihi.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini