Muhamad Syarif [Tok Ngah] & Wartawan Intipnews.com As Atmadi

“Allah Swt Maha Adil, hasil laut Jaring Halus masih tetap menjadi andalan hidup masyarakatnya turun temuruni. “Rezeki laut dari dulu rezeki harimau,…”

Langkat-Intipnews.com:Lelaki yang satu ini, cukup sehat dan kuat. Terkesan tidak sesuai usia dan tampilannya. Dia bagaikan  syair lagu Ebiet GAD berjudul Titip Rindu Buat Ayah, ‘Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa. Benturan dan hempasan terpahat di keningmu. Kau nampak tua dan lelah keringat mengucur deras. Namun kau tetap tabah…’.

Ya, dia Muhamad Syarif Sentral akrab dipanggil Tok Ngah,  lahir tahun 1931 di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dia mengingat kita diskripsi lagu Ebiet Titip Rindu Buat Ayah, tinggal di Desa Jaring Halus, Kecamatan Hinai Kiri sejak tahun 1960 setelah berumahtangga.

Di matanya tersimpan selaksa peristiwa, yang saat ini pekerjaan sehari-hari sebagaimana mayoritas pencaharian masyarakat Desa Jaring Halus, ke laut mencari ikan, udang dan kerang. Tok Ngah memiliki anak 9 orang, cucu 30 dan cicit ada 5. Begitu ungkapnya saat mula berbincang dengan Media Online Intipnews.com, pekan lalu.

Ketika lelaki berkulit hitam terbakar sinar matahari ini bercerita tak pernah sakit. Lalu disinggung tentang penyakit sangat popular dan menakutkan saat ini virus corona, dia langsung menyebut, “Penyakit sudah diambil Mak,” katanya. Bagaimana itu?

“Suatu kali,… Mak sudah tua dan berdoa kepada Allah Swt, supaya semua sakit-sakit yang diderita anak-anaknya ditimpakan [diberikan] kepada dirinya. Biarlah dia yang menanggungkanya,..” begitu Tok Ngah bercerita. Tak lama, tutur Tok Ngah, Mak sakit sangat keras dan meninggal dunia.

Sesudah itu, tutur Tok Ngah asal Jawa yang dialegnya sudah sangat Melayu, karena hidup berpuluh-puluh tahun berbaur dengan Etnis Melayu, dari Tanjung Pura sampai ke Jaring halus. Dia dikenal tidak banyak minum, “ paling tiga atau empat gelaslah sehari semalam,” sebutnnya. Tapi dia tetap sehat.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini