Tahun 2019 Korupsi Dana Desa Meningkat

0
51

Kabupaten Deliserdang dan Langkat menjadi dua daerah yang cukup banyak terjadi kasus korupsi dana desa.

Medan-Intipnews.com:Sepanjang tahun 2019, tercatat program dana desa pemerintah menjadi arena yang paling banyak dikorupsi, fenomena ini dilihat dari tingginya angka kasus korupsi dana desa yang disidangkan sepanjang tahun 2019 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Medan.

“Apabila dianalisis lebih lanjut, kasus korupsi dana desa tersebut terus mengalami peningkatan sejak tahun 2017 lalu,” ungkap Divisi Monitoring Peradilan Sahdar, Surya kepada awak media Senin 30 Desember 2019 [foto].

Di tahun 2017, pihaknya mencatat hanya terdapat 1 [satu] kasus korupsi dana desa yang terjadi di Sumatera Utara, yakni di Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang.

Namun di tahun 2018 tercatat terjadi peningkatan sebanyak 5 kasus dan di tahun 2019 tercatat meningkat menjadi 8 kasus. Sehingga total kasus Dana Desa sejak tahun 2017 hingga 2019 sudah berjumlah 14 kasus.

Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Langkat menjadi dua daerah yang cukup banyak terjadi kasus korupsi dana desa. “Catatan kami menunjukan eskalasi kasus dana desa tidak akan berhenti tanpa adanya pengawasan intens yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat,” ujarnya lagi.

Secara keseluruhan tren korupsi di Sumatera Utara [Sumut] sepanjang tahun 2019 menunjukan perubahan yang cukup signifikan berdasarkan hasil pemantauan peradilan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Sahdar sepanjang tahun 2019.

Hanya terdapat 86 register perkara yang telah disidangkan. Dari sejumlah register tersebut, setidaknya ada 48 kasus korupsi yang telah dituntut oleh Aparat Penegak Hukum, dengan jumlah terdakwa korupsi sebanyak 94 orang.

Hal ini berbeda dengan situasi tren korupsi di tahun 2018 lalu, yang mana terdapat 128 register perkara, 79 kasus korupsi yang dituntut oleh Penegak Hukum, yang kasus korupsi infrastruktur menduduki posisi pertama dengan jumlah total 37 kasus atau sebesar 30 persen dari keseluruhan kasus sepanjang tahun 2018.

  • Laporan IWO Medan
  • Bagkan Berita Ini
    #intipnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini