Tanahnya Diserobot, Nurlela Laporkan Kades ke Polisi

0
73
Tim Tipiter Polres Batu Bara turun ke lokasi objek perkara

Batu Bara-Intipnews.com:Tm penyidik unit Tindak pidana tertentu [Tipiter] Satuan Reserse Kriminal [Satreskrim] Polres Batu Bara, Sumatera Utara mendatangi lokasi tanah sengketa yang dilaporkan Nurlela di Desa Mekar Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Batu Bara, Rabu  4 Maret 2020.

Di lokasi tim penyidik melakukan pengukuran tanah yang telah dibangun jalan rabat beton sepanjang sekitar 200 meter. Setelah melakukan pengukuran di lokasi perkara dan memeriksa para saksi, pihak kepolisian akan melakukan gelar perkara untuk menentukan status hukum terlapor.

Untuk diketahui, seorang oknum Kepala Desa [Kades] Mekar Baru dilaporkan ke polisi karena diduga melakukan penyerobotan tanah warga dengan dalih pembangunan jalan.

Dugaan penyerobotan tanah terjadi pada tahun 2017 dan 2018, yaitu oknum Kades berinisial SW membangun jalan di atas tanah milik pelapor tanpa izin. Akibat perbuatan tersebut, pelapor merasa dirugikan karena tanahnya berkurang sekitar 650 meter persegi.

Kuasa hukum pelapor dari LBH Lima Puluh, Doli Tua Sitompul SH dan Helmisyam Damanik SH  berharap pihak kepolisian menuntaskan kasus dugaan penyerobotan tanah tersebut. “Kami berharap lahan milik klien kami yang diserobot dapat dikembalikan kepada pemiliknya” harap Helmi.

Menurut Helmi, kliennya Nurlela memiliki sebidang tanah seluas 21.160 meter sesuai SKT No. 020/3-DP/III/83 tanggal 12 Maret 1983. Kata Helmi, pihak Desa diduga kuat menyerobot sebagian tanah milik klien mereka untuk dijadikan jalan umum tanpa izin dari pemiliknya.

* Laporan Muhammad Amin