Uji Kompetensi Pejabat Pemko Medan, Elfanda: Harus Terbuka ke Publik

0
43
Pengamat Kebijakan Publik Elfanda Ananda. Foto Istimewa

MedanIntipnews.com:Terkait seleksi ulang dengan uji kompetensi 31 pejabat eselon 2 di jajaran Pemko Medan yang sedang berlangsung, “Pemko Medan harus terbuka kepada publik,” ungkap Elfanda, kepada wartawan, Senin 3 Mei 2021.

Lanjut Pengamat Kebijakan Publik Elfanda Ananda, untuk tidak mengulang kesalahan atas proses akuntabilitas sebuah proses seleksi. Tentu Pemko Medan tidak bermain main, agar tidak ada aspek hukum yang menjerat pengambil kebijakan yang diprsiapkan dengan uji kompetensi itu.

“Proses seleksi harus dapat dipertanggungjawabkan, menghasilkan pejabat yang dapat melayani masyarakat. Pejabat terpilih memiliki integritas baik, kemampuan memimpin dinas yang teruji nantinya,” tukas Elfanda.

Diumumkan secara terbuka kepada publik, pejabat yang terpilih memang punya integritas, kapasitas, memiliki kemampuan leadership, serta mampu mewujudkan visi misi kepala daerah yang yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah [RPJMD].

Sementara disinggung awak media soal 5 pejabat yang sudah lolos seleksi, tetapi belum dilantik. Menurut Elfanda artinya jika proses telah berjalan dengan baik, apabila tidak direalisasikan, bisa menjadi preseden buruk bagi sebuah tata pemerintahan.

  • Itp-04