Umar Cairkan Miliaran untuk Bupati Labuhanbatu, Dituntut 7 Tahun Bui

0
282
Umar Ritonga [kiri] tangan kanan Mantan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap [kanan] . Foto Istimewa

Asiong [48] terbukti menyuap Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap Rp 42,28 M dan SGD 218.000. Sebagai justice collaborator , divonis 3 tahun penjara..

Medan-Intipnews.com:Jaksa Penuntut Umum KPK, menuntut orang kepercayaan Mantan Bupati Labuham Batu, Pangonal Harahap, Umar Ritonga dengan 7 tahun penjara [bui] dalam persidangan Tipikor berlangsung di ruang Cakra 4 Pengadilan Tipikor Medan, Kamis 20 Februari 2020.

Tuntutan yang dibacakan JPU KPK, Agung Satrio Wibowo juga mewajibkan terdakwa Umar Ritonga membayar denda Rp250 Juta subasidair 4 bulan kurungan.

Masih dalam tuntutan jaksa KPK, terdakwa Umar terbukti beberapa kali mencairkan cek senilai Rp24 Milliar milik Efendy Sahputra alias Asiong yang diserahkan kepada Bupati Labuhanabatu Pangonal Harahap.

Baik Efendy, maupun Thamrin Ritonga selaku Ketua Tim Sukses Pemenang maupun Pangonal Harahap juga telah dihukum dalam kasus OTT KPK dalam menerima gratifikasi untuk mendapatkan proyek di Labuhan Batu.

Sejumlah cek yang telah dicairkan oleh terdakwa Umar Ritonga itu tercatat tiga kali, yakni pada 2016 senilai Rp500 juta, kemudian 2017 Rp 6 miliar dan terakhir 2018 Rp17  miliar lima ratus juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini