Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.Foto Istimewa

“Jadi sekarang menjadi pilihan kesehatan apa demokrasi? Atau kesehatan warga atau Pilkada. Mana yang kita pilih, saya kira tujuannya kesehatan masyarakat,…”

Jakarta-Intipnews.com:Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla [JK] meminta pemerintah menunda pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] Serentak 2020 sampai proses vaksinasi virus corona [Covid 19] dilakukan.

Permintaan JK berkaca pada prediksi penyebaran Covid 19 yang melenceng, dari semula September, namun kini terus diprediksi baru akan mencapai puncak pada Desember mendatang atau bertepatan pada momen pemungutan suara Pilkada serentak 2020.

“Kalau kita buka vaksin barulah covid ini menurun. Dan banyak, perkiraan vaksin itu sudah mulai akan divaksinasi mulai Februari-Maret. Jadi kalau sudah berlangsung itu covid menurun,” ujar JK seperti dilasir dari CNNIndonesia, Senin 21 September 2020.

JK menilai, penundaan Pilkada juga tidak berpengaruh signifikan pada proses peralihan kepala daerah. Menurutnya, para kepala daerah di 270 wilayah yang akan menggelar Pilkada baru akan habis masa jabatan pada 2021 mendatang.

Nantinya, kata JK, para kepala daerah yang habis masa jabatan bisa diganti dengan pejabat sementara [pjs] atau pelaksana tugas harian [plt], dan situasi itu tak menimbulkan perubaham siginifikan pada pemerintahan.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini