Wabup Tobasa Serahkan Tabungan Mandiri ke Warga Ajibata dan Silaen

0
107
Masyarakat yang menerima bantuan foto bersama

Tobasa-Intipnews.com:Wakil Bupati [Wabup] Tobasa Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja [kunker] ke Desa  Pardamean Ajibata Kecamatan Ajibata didampingi Kadis Perkim Jhonny Lubis, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Kadis Pendidikan Parlinggoman Panjaitan, Selasa siang 3 Desember 2019.

Dalam kunjungan tersebut, Wabup Hulman Sitorus disambut langsung Camat Ajibata Tigor Sirait didampingi BPD, Penjabat Kades Matjon Natal Sitio perangkat desa  dan para warga.

Kunjungan itu, memonitoring dan menyerahkan Buku Tabungan Mandiri kepada masyarakat penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya [BSPS] dan bedah rumah di Desa Pardamean Ajibata Kecamatan Ajibata.

Kadis Perkim Tobasa  Ir Jhonny Lubis menjelaskan Penerima BSPS di Kecamatan Ajibata sebanyak 20 unit dan besaran 1 unit rumah bernilai Rp 17.500.000,-  dengan perincian Rp 15.000.000,- untuk bahan bangunan  dan Rp 2.500.000,- untuk upah kerja.

Lanjutnya, BSPS merupakan kegiatan dari Kementerian PUPR-RI yang diusulkan Bupati Tobasa Darwin Siagian  bersama Wakil Bupati Hulman Sitorus  yang Tupoksi ini berada pada Dinas Perkim dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang layak huni, dari sisi ketahanan bangunan dan kesehatan penghuni [air bersih, sanitasi, ventilasi dan ruang] dengan sistem swadaya masyarakat.

 Kalianlah Orang yang Beruntung

“Kegiatan ini diharapkan dapat diselesaikan sampai akhir Bulan Desember 2019,” harap Jhonni Lubis. Dia menambahkan, Tobasa mendapatkan alokasi BSPS mulai dari tahun 2017 sebanyak 194 unit, tahun 2018 sebanyak 379 unit, tahun 2019 340 unit dan direncanakan tahun 2020 sudah 390 unit dan sudah dialokasikan.

Selanjutnya di hadapan warga, Wakil Bupati mengharapkan melalui program ini para Keluarga yang mendapat bantuan ini akan menjadi lebih sehat dari kondisi rumah dan lingkungan serta juga jiwa yang sehat sehingga dapat bersaing untuk memajukan Tobasa.

Wabup juga mengajak para penerima program ini patut mensyukuri sebab kalianlah orang yang beruntung lebih dahulu mendapat program BSPS, dari kurang lebih 50.000 rumah di Tobasa

Jangan Lupa Bayar Pajak

“Pemkab Tobasa terus berupaya dan peduli terhadap kesehatan warga di rumah demikian juga dilingkungannya, untuk itu jagalah kebersihannya,” tegas Wakil Bupati.

Walaupun sudah banyak bantuan yang diberikan pemerintah melalui BSPS, sambung Wakil Bupati, Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan lainnya tetapi banyak juga yang belum tuntas seperti jalan ataupun infrastruktur lainnya.

“Masyarakat harus proaktif secara swadaya baik melalui anak rantau, untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pinta Wakil Bupati. Terkait dengan Dana Desa, Wabup mengajak warga untuk berpartisipasi  aktif dalam musyawarah desa untuk  peningkatan pemanfaatan program Dana Desa.

Wakil Bupati juga mengingatkan para warga, untuk jangan lupa membayar pajak karena pajak adalah sumber pendapatan yang dipergunakan Pemerintah untuk melakukan pembangunan.

Di Desa Marbulang Kecamatan Silaen

Diakhir sambutannya Wabup Hulman Sitorus mengucapkan terimakasih kepada  Camat Ajibata, Kepala Desa, para Fasilitator Pendamping, dan para ASN di Dinas Perkim Tobasa untuk tetap  bersemangat mendampingi masyarakat sampai program ini selesai.

Secara khusus Hulman mengucapkan terima kasih kepada Pihak  Bank Mandiri yang turut membantu memfasilitasi masyarakat dengan melakukan jemput bola/turun ke lapangan.

Usai dari Kecamatan Ajibata Wakil Bupati Hulman Sitorus beserta rombongan memberikan  bantuan yang sama di Desa Marbulang Kecamatan Silaen.

Alokasi untuk tahun ini di Kecamatan Silaen berada di Desa Marbulang 17 unit, dan Sibide Barat 20 unit dan untuk tahun 2020 Desa Hutanamora mendapat alokasi 20 unit dan Desa Sibide 20 unit,” ucap  Kadis Perkim Tobasa Jonny Lubis.

  • Laporan Manuala Tampubolon
  • Bagikan berita ini

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini