Walikota Binjai Serahkan Bantuan Kepada Bilal Mayit dan Penggali Kubur

3
Walikota Binjai Serahkan Bantuan
Sekdako Binjai Irwansyah Nasution menyerahkan bantuan kepada bilal mayit dan penggali kubur. (Foto: Ist)

BinjaiIntipnews: Walikota Binjai Amir Hamzah menyerahkan bantuan biaya operasional dan asuransi jiwa kepada 820 orang Bilal Mayit dan Penggali Kubur di Kota Binjai, Senin 6 September 2021 di Kantor Camat Binjai Utara. 

Walikota Binjai Amir Hamzah  sangat mengapresiasi pengabdian bilal mayit dan penggali kubur. ”Pekerjaan ini sangat mulia dan yakinlah pekerjaan memandikan mayit dan menggali kubur bukan kerja mudah. Pekerjaan yang mulia yang tidak bisa dianggap kecil,” ujarnya seraya menyampaikan terima kasih serta berharap para bilal mayit dan penggali kubur di Binjai terus bekerja dengan ikhlas.

Selain itu Amir Hamzah berharap para bilal mayit dan penggali kubur yang ada saat ini, diperlukan mendidik kader baru sebagai generasi mendatang. Hal itu sangat penting mengantisipasi berkurangnya jumlah bilal mayit di Kota Binjai. Apalagi yang ada sekarang  sudah berusia lanjut.

| BACA JUGA: Rajudin Sagala: September Honor Bilal Mayit dan Penggali Kubur Diselesaikan

“Nanti kita program pelatihan bilal mayit bagi generasi muda, yang paling utama tanamkan kemauan,”ujarnya.

Pemerintah Kota Binjai terus melakukan pembinaan kepada umat, khususnya kepada bilal mayit pemula. Sehingga jumlah bilal mayit di Kota Binjai terus beregenerasi, diiringi pemahaman pelaksanaan fardu kifayah terhadap jenazah dengan kualitas yang lebih baik.

Tahun ini biaya operasional diberikan Rp1.200.000 per orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebesar Rp.1.000.000 per orang. Sedangkan jumlah bilal mayit dan penggali kubur yang menerima bantuan ada sebanyak 820 orang, berarti ada penambahan dari tahun lalu yang hanya 800 orang.

Walikota Amir Hamzah didampingi Sekdako Irwansyah Nst mengemukakan, jumlah penerima bantuan biaya operasional dan asuransi jiwa untuk bilal mayit dan penggali kubur tahun 2021 sebanyak 820 orang terdiri dari 443 orang bilal mayit dan 377 orang penggali kubur.

Menurut Kabag Kesra Fajar penggali kubur dan bilal mayit tersebar di Kecamatan Binjai Utara sebanyak 281 orang, Kecamatan Binjai Timur 164 orang, Kecamatan Binjai Barat 173 orang, Kecamatan Binjai Selatan 152 orang dan Kecamatan Binjai Kota 50 orang. Selain bantuan operasional, penggali kubur dan bilal mayit juga mendapatkan asuransi jiwa, yang semuanya  bersumber dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Binjai tahun  2021. * Itp/Riza