Walikota Bobby: Heritage Kesawan Segera Direvitalisasi, Dana Sudah Ada

0
12
Walikota Medan Bobby Nasution [kiri] saat melihat gedung bersejarah Warenhuis

MedanIntipnews.com:Kawasan bersejarah [heritage] di Jalan Ahmad Yani, Perniagaan atau Pajak Ikan Lama sudah akan dimulai revitalisasinya. Dana Intensif Daerah [DID] untuk itu pun sudah ada. Demikian kata Muhamad Bobby Nasution.

“Kita telah berkolaborasi dengan kementerian, jadi tinggal jalan karena DID juga sudah ada. Tapi saat ini harus kita selesaikan permasalahan sosial. Perkim juga sudah kita minta untuk menseriusi penataan kawasan Kesawan,” jelas menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution.

Walikota Medan mengungkap hal itu saat melihat gedung syarat nilai warisan sejarah, super market pertama di Medan, Warenhuis [1916], di kawasan Kesawan Medan Rabu 17 Maret 2021. “Jika Warenhuis telah direvitalisasi akan banyak manfaatnya. Misalnya memindahkan pelaku UMKM ke Warenhuis,” kata Bobby.

Walikota Medan melihat bangunan bersejarah Warenhuis Medan, untuk segera direvitalisasi

Soal klim oknum terhadap Gedung Warenhuis, Bobby bilang Pemko Medan telah punya sertifikat Hak Pakai dari BPN sejak 2018 lalu. “Untuk apa diklaim, pun tak digunakan, tak dibangun. Kan kita bahkan berhak menegur karena penataan kota tanggung jawab kita,” tukas Bobby.

Kawasan Kesawan Kota Medan, dikenal sebagai pusat bangunan bersejarah. Namun kini banyak bangunan bersejarah yang telah berubah bentuk. Bahkan ada yang tak lagi berbentuk, terbengkalai tak terurus dan bersengketa.

Bobby telah memerintahkan kepada OPD terkait untuk mengurusi Warenhuis. Bobby minta Warenhuis ditata lagi. Dikembalikan wujud aslinya. Arsitektur Warenhuis harus selamat. Maka petugas tampak sudah mulai melakukan pembersihan gedung. * Itp-04