Warga Tapsel Khawatir Virus Corona dari Pekerja Proyek PLTA Asal China

91

“Dinas Kesehatan Tapsel seharusnya bertindak cepat menyikapi kemungkinan adanya Virus Corona terbawa warga China yang di proyek dan keluar masuk Tapsel…”

Tapsel-Intipnews.com:Kabar warga yang mengkawatirkan penyebaran Virus Corona di Wilayah Kecamatan Sipirok [foto], khususnya warga Kabupaten Tapanuli Selatan [Tapsel], menjadi topik berita media massa. Pasalnya  tenaga kerja asing [TKA] asal China marak datang dan bekerja di proyek PLTA Sipirok Marancar dan Batangtoru [Simarboru].

Hal itu diungkapkan Pemerhati Sosial di Tapsel, Bangun Siregar SH. Menurutnya, pekerja asing, khususnya asal China atau Tiongkok yang datang ke Sipirok untuk bekerja di proyek pembangkit listrik tenaga air [PLTA] tersebut harus dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Dinas Kesehatan harus cepat tanggap menyikapi arus pulang perginya warga asing dari dan ke China. Terutama pekerja-pekerja yang datang ke Sipirok Tapsel. Warga Masyrakat mengkhawatir penularkan virus Corona ke warga kita,” kata Bangun.

Pemeriksaan ini menurut Bangun Siregar yang juga advokad dan pengamat hukum,  pemeriksaan penting, sebagai antisipasi. “Dinas Kesehatan harus bekerja sama dan bersinergi dengan dinas lain misalnya Dinas Ketenagakerjaan untuk melakukan medical checkup kepada keseluruhan TKA.

Pemeriksaan harus  dilakukan secara langsung, bukan  sekadar memantau dan memberkan imbauan.” Takutnya, ada juga TKA yang tidak bisa pergi ke pusat kesehatan terdekat untuk melakukan checkup,” ungkap Bangun Siregar di Kantornya,  Pusat Pasar Sipirok kepada wartawan, Senin 3 Februari 2020.

Informasi diimpun Intipnews.com, hingga saat ini negara-negara yang positif warganya terinfeksi virus Corona, antara lain Jepang, Australia, Vietnam, Amerika Serikat, Malaysia, Signgapura, Nepal, Korea Selatan, Taiwan, Thailand. Di China sendiri, Virus Corona telah menewaskan 80 orang dan menjangkit hingga 2.300 orang.

Sementara Warga Sipirok Reza Pardede mengatakan, Dinas Kesehatan Tapsel sudah seharusnya bertindak cepat menyikapi perihal kemungkinan adanya Virus Corona terbawa warga China yang keluar masuk Tapsel. *Itp-09