Bobby Tak Butuh Media, Ahmady: Peran Pers Watch Dogs

0
1205
Mantan Ketua AJI Sumut, Ahmady Mueraxa

MedanIntipnews.com:”Sesungguhnya Bobby tidak butuh media..! Media yang antusias memberitakan tentang dirinya, sehingga Bobby seakan bukan lagi walikota, tapi bak seorang artis,” demikian ungkap tokoh pers Ahmady Meuraxa, yang mantan ketua Aliansi Jurnalistik Independen [AJI] Sumatera Utara, Kamis 22 April 2021.

Soal aksi demo wartawan menuntut sikap lunak Bobby Nasution, adalah sikap manja seorang anak yang merengek karena tidak diberi uang jajan oleh orangtuanya. “Kalau media bersikap kritis menjalankan fungsinya, Bobby pasti tunduk dan bertekuk lutut kepadanya,” ujar Ahmady

Sikap Bobby Nasution terhadap awak Media di Medan adalah pembelajaran. Menurutnya yang terjadi selama ini, Walikota Medan Bobby Nasution lebih banyak berperan mengendalikan berita media. Ia berkali-kali mengumbar janji yang ditulis besar-besaran di media. Padahal janji itu banyak bohongnya.

Dijelaskan Ahmady, media sangat berkepentingan dengan Bobby, sementara Bobby tidak. Awak media seharusnya tahu diri. “Agar media lebih kritis. Jangan hanya berperan sebagai wartawan jembatan. Gunakan otak untuk menganalisa isu dan menulis berita. Ada hanyak berita kritis yang layak diberitakan untuk membuat Bobby sadar dan merasa membutuhkan media,” tutur Ahmady mengingatkan.

Disebutkannya, ada janji BPJS gratis bagi semua warga Medan, janji pembangunan power plant di TPA, janji pemberdayaan ekonomi bagi orang miskin, program penanganan Medan bebas banjir, dan sebagainya. “Nyatanya isu seperti itu hilang ditelan bumi,” ucapnya.

Kalau saja awak media mau menindaklanjuti kasus itu, tukas Ahmady Meuraxa, Bobby tentu sadar betapa pentingnya peran media sebagai ‘anjing penjaga’ [watch dogs] bagi keberlanjutan pembangunan. Ia pun pasti lebih hati-hati dalam bekerja.