Workshop PAUD Sergai: 3 Komponen Belajar

0
65
Pemberian cenderamata disaksikan Bupati Sergai Soekirman [tengah]

Sergai-Intipnews.com:Workshop peningkatan mutu guru Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD] se-Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara berlangsung di Wisma Karina Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin, 10 Februari 2020.

Kegiatan diikuti 510 guru PAUD bertujuan agar seluruh guru PAUD di Sergai memiliki pemahaman yang jelas tentang belajar mengajar. Bupati Sergai H Soekirman menyebut pertemuan hari ini sangat bermanfaat ibarat ponsel yang telah diisi ulang baterainya.

“Bagi orang yang pernah dan masih menjadi guru, apresiasi yang tak terhingga kami berikan sebab jasa guru tiada tara dan tak ternilai harganya. Hari ini saya menyampaikan terkait Penghargaan Kebudayaan Hari Pers Nasional yang disebut sebagai Kabupaten yang ramah budaya. Prestasi ini adalah berkat jasa besar guru terutama Guru TK dan PAUD,” ungkap Soekirman.

Menurut bupati, terkadang orang lupa 3 komponen dasar belajar yaitu logika, etika dan estetika. Sesuatu yang tidak logis karena sering dikembangkan meski hoax dapat dianggap menjadi logis. Maka tugas guru PAUD adalah membentuk logika yang etis, agar anak-anak memiliki etika yang berdasar logika.

Kemudian jika sudah memenuhi dua unsur ttersebut, maka akan terbentuk seni dan keindahan yang disebut estetika. “Namun saat ini menjadi gambaran dan pembelajaran bagi orang tua bahwa pengaruh teknologi dapat juga memberikan nilai-nilai yang tidak baik serta mengkesampingkan nilai kearifan lokal,” ujarnya.

Dengan bahasa kebudayaan, tukas Soekirman, yang didapatkan adalah persatuan, sementara jika politik maka yang didapat adalah perbedaan. Maka jika kita ingin kuat, maka jadilah jarum yang merekatkan, bukan gunting yang memisahkan.

  • Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini